Sigap!! Youtube dan Facebook Gerak Cepat, Hapus Video Penembakan di Selandia Baru

0
34
Youtube dan Facebook Gerak Cepat, Hapus Video Penembakan di Selandia Baru
Youtube dan Facebook Gerak Cepat, Hapus Video Penembakan di Selandia Baru

BIBHP.COM – Youtube dan Facebook Hapus Video Penembakan di Selandia Baru. Tragedi penembakan keji di masjid yang terjadi di Selandia Baru membuat Youtube dan Facebook bertindak secara cepat. Karen pelaku aksi terorisme ini merekam aksi brutalnya tersebut secara langsung dan menyebar dengan sangat cepat di media sosial. Menurut keterangan dari laman Facebook, pihaknya sudah menghapus sebuah rekaman-rekaman video tragedi penembakan tersebut dan menarik telah semua postingan yang berisi pujian bahkan dukungan dari aksi penembakan tersebut.

“Pihak kepolisian Selandia Baru menginformasikan kepada kami mengenai sebuah video yang disiarkan secara langsung di jejaring sosial yakni Facebook dan kami telah menghapus keduanya, akun pelaku brutal penembakan dan videonya,” Ungkap Mia Garlick, perwakilan pihak Facebook di Selandia Baru. “Kami juga telah menghapus semua postingan tentang insiden itu yang berisi pujian dan dukungan untuk kejahatan ini. Kami juga akan terus bekerjasama dengan kepolisian Selandia Baru untuk penyelidikan lebih lanjut,” katanya.

Situs video Populer YouTube pun bertindak sama. Melalui akun Twitter resminya YouTube mengatakan akan segera menghapus semua rekaman yang berkaitan dengan tragedi ini.

“Hati kita hancur karena insiden mengerikan hari ini di Selandia baru. Ketahuilah, jika kami sudah bekerja dengan waspada untuk gerak cepat menghapus rekaman kekerasan apa pun,” tulis YouTube melalui akun Twitternya.

Kejadian ini terjadi ketika umat muslim di Selandia Baru hendak melakukan ibadah sholat Jumat. kejadian ini merenggut nyawa hingga 40 jiwa. Dikutip dari kompasTekno dari Cnet, pada Jumat (15/3/2019), Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern menegaskan dalam konferensi pers jika tragedi penembakan ini merupakan salah satu hari paling yang sangat kelam dalam sejarah di Selandia Baru. Penembakan ini diperkirakan terjadi sekitar pukul 13.40 waktu setempat.

BACA JUGA:  Begal Berseragam Polisi Resahkan Warga Malang, Fotonya Viral di Facebook

Beberapa jam setelah video penembakan di Selandia Baru, polisi mengungkapkan ada empat orang, terdiri satu orang perempuan dan 3 orang laki-laki, telah berhasil ditangkap. Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern juga menjelaskan, bom ditemukan telah terpasang di dalam mobil teroris dan langsung dinonaktifkan militer. Salah seorang di antara empat orang pelaku yang ditangkap, menurut PM Australia Scott Morrison, adalah warga negaranya, media merilis identitasnya dengan Brenton Tarrant. Salah satu teroris dalam manifestonya, Ia berkata usianya 28 tahun dan sengaja untuk datang dari Australia guna melakukan aksinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.